Rabu, 01 Januari 2020

SMP SAINS AL-QUR'AN GOES TO NATIONAL

Semangat...                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  
Siswa-siswi SMP Sains Al- Qur’an kembali menorehkan prestasi diajang Lomba Peneliti Belia (LPB) tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lomba penelitian yang dilakukan siswa-siswi SMP Sains Al Qur’an yang terbagi menjadi empat tim mengusung tema Fisika, Sosiologi dan Psikologi. Tahapan lomba ini dimulai dari mengirimkan abstrak yang diseleksi hingga juara tingkat provinsi yang kemudian menjadi finalis di ajang LPB tingkat Nasional.


Dari hasil lomba penelitian tersebut, beberapa siswa-siswi berhasil meraih peringkat juara antara lain dalam bidang penelitian Pyshics ­siswa bernama Musfita Ainin Nafisah dan Galuh Shofi Nuril Husna meraih juara 2, Cinta Annisa Zhafiratuz Zahra dan Milki Anjani meraih juara 3, dalam bidang penelitian Psikologi siswa bernama Ghassani Yudhistira dan Muhammad Ragil Ramadhan meraih juara 2, bidang penelitian Sosiologi bernama Ruth Christine Simatupang dan Sadam Rahman meraih juara 3, selain itu dalam bidang penelitian Sociology bernama Feyruz Rameyza Althafunnisa dan Betha Ratuning Sekar L meraih Special Award. Menurut Nurul Baidlo, guru pembimbing SMP Sains Al-Qur’an, LPB DIY tahun 2019 untuk siswa SMA/MA/SMK/SMP/MTs di Provinsi Yogyakarta kegiatan ini diikuti secara perorangan, atau berkelompok maksimal 2 orang per kelompok.
“Yang ikut lomba ini dari sekolah kami ada 4 tim, tiap 1 tim ada dua siswa, jadi yang berangkat ada 8 siswa, saat ini mereka yang menang maju ke Jakarta, untuk proses lomba selanjutnya tingkat Nasional,” jelasnya, Jumat (22/11).
Ia menambahkan bagi siswa-siswi yang berhasil meraih juara kategori lomba mathematics, Physics, Life Science, Environmental Science, dan Computer Science akan mendapatkan sertifikat juara dan diundang sebagai peserta Lomba Peneliti Belia Nasional di Jakarta November 2019. Lomba itu juga sekaligus seleksi untuk Tim Indonesia dalam lomba penelitian internasional yang bernama ICYS 2020 (International Conference of Young Scientists) di Serbia dan APCYS 2020 (Asia Pacific Conference of Young Scientists) di Macao, serta lomba lain di Malaysia, Korea Selatan, Thailand, dan Amerika Serikat.


“Kalau untukjuara kategori lomba History, Geography, Sociology, Economics, dan Psychology akan mendapatkan sertifikat juara dan diundang sebagai peserta Lomba Peneliti Belia Nasional 2019 yang akan berlangsung di Jakarta bulan November 2019 yang merupakan seleksi untuk Tim Indonesia dalam lomba penelitian internasional yang bernama ICYSS 2020 di India, serta lomba lainnya di Mexico, Abu Dhabi dan Tunisia,” tandasnya