SMP SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM BERPRESTASI INTERNASIONAL


Hello there..                                                                                                                                                                                                                                                                                                  

                        


“Alhamdulillah prestasi anak-anak SMP Sains Al-Qur’an sangat membanggakan, meraih berbagai penghargaan dalam berbagai olimpiade Nasional maupun Internasional, anak-anak membuka tahun 2020 ini dengan menorehkan prestasi Internasional, mendapat penghargaan Silver medal di ajang International Science, Techonology and Engineering Competition (ISTEC) 2020 atau ajang bagi para inovator muda yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) berkolaborasi dengan Bandung Creative Society (BCS), 13-16 Januari 2020 di Bandung, atas nama Muhammad Zaim Ibrahim Adzka dan Muhammad Fery Dino Setiawan, kelas 1 SMP Sains Al-Qur’an. Prestasi ini adalah melengkapi prestasi-prestasi sebelumnya, diantaranya penghargaan tingkat nasional dalam olimpiade Peneliti Belia tingkat Nasional (I3L's Science Competition) 22-23 November 2019 di Internasional Institute For Life Science Jakarta yang didapat oleh 4 Tim SMP Sains Al-Qur’an, masing-masing Galuh Shofi Nuril Husna dan Musfita Ainin Nafisah (juara 2 Fisika), Cinta Annisa Zhafiratuz Z dan Milki Anjani (juara 3 Fisika), Ghassani Yudhistira dan M Ragil Ramadhan (juara 2 psikologi), serta Feyruz Rameyza Althafunnisa dan Betha Ratuning Sekar L (special award psikologi). Demikian disampaikan oleh kepala SMP Sains Al-Qur’an, Hana Lutfi Alifah, S.Pd., saat menyambut kedatangan rombongan tim olimpiade SMP Sains Al-Qur’an di Pondok Pesantren Wahid Hasyim, Gaten, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini. 

Dalam kesempatan yang sama, Pengasuh Pondok Pesantren Wahid Hasyim KH. Jalal Suyuthi mengapresiasi terhadap prestasi yang telah dicapai oleh anak-anak smp, menyampaikan selamat dan terimakasihnya kepada kepala sekolah serta semua pengelola smp, dirinya berharap prestasi ini dapat menjadi tradisi di smp sebagaimana SMA Sains Al-Qur’an. Kyai Jalal juga menjelaskan, SMP Sains Al-Qur’an ini adalah pendidikan umum berbasis pesantren, seluruh kegiatan dikelola secara integral menjadi satu sistem pendidikan pesantren, siswa wajib tinggal di pesantren (boarding school). Sesuai dengan namanya, SMP “Sains Al-Qur’an”, dimaksudkan sebagai sistem pendidikan kolaborasi  pendidikan umum dengan pendidik seean Islam pesantren, dengan unggulan pendidikan akhlak, penguasaan Bahasa asing, sains, Tahfidz dan Tafsir Al-Qur’an, yang diharapkan menjadi solusi bagi pola pendidikan generasi milenial; harus menguasai ilmu pengetahuan tetapi juga menguasai dan menjiwai ajaran Islam.

Sementara itu Nyai Hj. Nelly Umi Halimah Jalal pengasuh Tahfidzul Qur’an menambahkan, prestasi anak-anak ini juga membuktikan intensif dan efektifnya pengelolaan pengajaran di smp; anak-anak santri mampu berprestasi membanggakan bukan saja dibidang Tahfidzul Qur’an, ilmu syariah tetapi juga di bidang sains.