Jumat, 08 Mei 2020

Match From Home sebagai Sarana Penyaluran Kreativitas

"Keterbatasan tidak menghalangi semangat berkarya."                                                                                                                                                                                                                                                                .

"Keterbatasan tidak menghalangi semangat berkarya."
Begitulah kiranya antusiasme yang ditunjukkan oleh siswa-siswi SMP Sains Al-Qur’an pada saat mengikuti kompetisi Match From Home di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini. Match From Home atau yang disingkat MFH merupakan ajang perlombaan untuk para saintis muda terkhusus siswa SMP Sains Al-Qur’an Yogyakarta yang baru pertama kali digelar pada tahun 2020 guna mengasah bakat dan kreativitas siswa yang diikuti dari rumah masing-masing.
Match From Home ini memiliki berbagai macam cabang perlombaan yang sangat menarik. Cabang-cabang lomba tersebut antara lain :
1.       Cerpen tema “mimpi”
2.       Cerita Inspirasi tema “di rumah aja”
3.       Video/vlog bahasa inggris tema “my family”
4.       Desain grafis, tema “SMP Sains Al-Qur’an”
5.       Pidato bahasa indonesia
6.       Pidato bahasa inggris
7.       Drawing (karikatur/komik)
Keterbatasan tempat tentunya tidak menghalangi semangat para siswa. Meskipun hanya dari rumah, siswa tetap bisa melakukan kegiatan produktif . Para siswa tetap dapat berkarya, berprestasi serta mengasah skill mereka dalam kompetisi MFH ini.  Antusiasme mereka nampak jelas dengan hadirnya karya-karya hebat yang dapat dilihat di laman instagram SMP Sains Al-Qur’an (@smpsainsalquran) .  Berikut adalah daftar pemenang lomba MFH 2020 :


 Karya dari Ananda Jihan salah satu murid SMP Sains yang menyalurkan ide serta kreativitasnya melalui lomba “Indonesian Short Stories”.


  
“Saya sangat senang bisa berpartisipasi dalam event SMP Sains Al-Qur’an. Karena di event ini saya dapat menunjukan bakat saya. Saya sangat berterimakasih kepada bapak dan ibu guru karena telah memberi saya kesempatan serta bisa menjadi juara di event kali ini. Saya harap, di event selanjutnya saya bisa berpartisipasi lagi, begitu pula dengan teman teman yang lain. Terimakasih  karena berkat event ini, saya juga bisa mengasah skill saya dalam membuat cerita”
Begitu pula dengan cabang lomba lain, Kemampuan berbahasa inggris merupakan Program Khusus SMP Sains Al-Qur’an melalu lomba “English Vlog Competition” dimana anak anak bisa mengasah kemampuan skill Bahasa inggris mereka serta megekspresikannya melalui kegiatan sehari hari. Salah satu hasil karya dari mereka bisa kita lihat pada akun Instagram @smpsainsalqur’an


 “saya sangat senang dan atusias mengikuti lomba MFH ,dapat mengasah bahasa Inggris kita, menambah kepercayaan diri, dapat menunjukan jati diri kita yang sesungguhnya dalam kehidupan sehari hari,dan mengetahui apa bakat kita”. (Najwa)