Profil Prestasi SMP Sains Al-Qur'an


SMP Sains Al-Quran Wahid Hasyim

Pendidikan Islam Berbasis Pesantren 

SMP Sains Al-Qur'an merupakan lembaga pendidikan Islam modern berbasis pesantren dibawah nanungan Yayasan Wahid Hasyim Yogyakarta. Pesantren modern di Jogja yang diasuh oleh K.H. Jalal Suyuti, S.H & Ny.Hj. Nelly Umi Halimah. Kurikulum yang diajarkan mengintegrasikan kurikulum merdeka dengan kurikulum pesantren. Pembelajaran bertaraf internasional dilaksanakan secara interaktif dan mengadopsi kebaruan pengetahuan dan teknologi. Kurikulum yang terintegrasi tercermin dalam program unggulan sekolah meliputi Akhlaqul Karimah, Tahfidzul Qur'an, Bahasa Inggris, Pengkajian Literatur Pesantren, Olimpiade dan Student Research.

SMP favorit di Jogja ini telah berhasil meraih berbagai penghargaan nasional maupun internasional. Diantaranya yakni Medali Emas, Perak dan Special Award dalam ajang Indonesia Inventors Day (IID) 2022 yang diselenggarakan di Bali. Pada tahun 2021 dan 2020 SMP Sains Al-Qur'an juga berhasil menyabet prestasi internasional masing-masing yakni Bronze Medal dalam akang World Innovative Science Project Olympiad (WISPO) 2021 dan Silver Medal dalam ajang Internasional Science, Technology and Engineering Competition (ISTEC) 2020.

Rapor Pendidikan SMP unggulan di Jogja ini juga menunjukkan peningkatan signifikan dari tahun 2022, dengan peningkatan hingga 120% pada kompetensi literasi, numerasi dan karakter. Sehingga menampatkan SMP Sains Al-Qur'an dalam Peringkat Atas Nasional dibandingkan dengan satuan pendidikan lain.