Jalur Seleksi

Dalam PPDB SMP Sains Al-Qur'an memberikan 2 jalur seleksi, yaitu :

  • Jalur Prestasi
  • Jalur Prestasi diperuntukan bagi siswa dengan prestasi di bidang akademik, non akademik dan Tahfidzul Qur'an. Bagi siswa yang memenuhi kualifikasi / persyaratan pada jalur prestasi akan dibebaskan ter tertulis dan secara langsung dinyatakan diterima sebagai siswa SMP Sains Al-Qur'an dilanjutkan dengan melakukan wawancara siswa dan wali. Adapun persyaratan Jalur Prestasi sebagai berikut:

    1. Jalur Akademik
    2. Diperuntukan bagi pendaftar yang memiliki prestasi dibidang akademik di kelas minimal ranking 1-5 di kelas 4-6 SD, dibuktikan dengan fotocopy rapor dan atau menjuarai olimpiade sains dan teknologi minimal tingkat kabupaten / kota, dibuktikan dengan foto copy sertifikat kejuaraan.

    3. Jalur Tahfidzul Qur'an
    4. Diperuntukan bagi siswa dengan prestasi Tahfidzul Qur'an (minimal 3 juz) dengan menyertakan surat keterangan tahfidz dan jumlah hafalan dari sekolah atau lembaga tahfidz yang diikuti.

    5. Jalur Non Akademik
    6. Diperuntukan bagi Pendaftar yang memiliki prestasi di bidang bahasa, seni, dan olahraga minimal tingkat kabupaten/kota, dibuktikan dengan fotocopy sertifikat kejuaraan.

  • Jalur Reguler atau Mandiri
  • Pada jalur ini akan dilaksanakan di SMP Sains Alqur'an secara mandiri meliputi:

    1. Tes tulis (Tes Potensi Akademik, Matematika, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum)
    2. Tes Lisan ( Baca Al-Qur'an, Hafalan Surat Pendek, Bahasa Inggris dan Wawancara )